Banner 468 x 60px

 

Saturday, June 14, 2014

Peraih UN tertinggi se-Indonesia

0 comments

Jilan Zahra Jauhara menjadi siswa SMP dengan raihan nilai ujian nasonal tertinggi se-Indonesia. Siswa SMP Negeri 99 Jakarta tersebut mendapat nilai 39,75.

Ditemui di rumahnya di Perumahan Jatinegara Indah, Jakarta Timur, Jilan mengaku tak menyangka meraih nilai tertinggi seanteri Nusantara. Karena dia merasa tak melakukan hal yang istimewa dalam persiapan UN. 

"Belajar biasa saja, ikut pendalaman materi dan mengerjakan soal-soal latihan," kata Jilan kepada Tempo, Sabtu, 14 Juni 2014.


Bahkan, dia pun mengetahui informasi soal prestasinya itu dari kawan-kawannya. "Teman saya yang ngasih tahu, katanya lihat dari internet," kata dia. Setelah itu dia memastikan sendiri dengan mengaksesnya internet langsung. Pihak sekolah pun baru mengabarinya belakangan.

Jilan mendapatkan nilai hampir sempurna. Jilan mendapat nilai 10 untuk tiga mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Hanya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dia mendapat nilai 9,75.

Dengan nilai tersebut, Jilan pun menjadi siswa SMP dengan raihan UN tertinggi di Jakarta. Menyusul dibelakangnya Monica Cory Angel asal SMP Kristen BPK Penabur Jakarta Timur dengan nilai 39,55. Selanjutnya ada Elmira Zanjabila asal SMP 85 Jakarta Selatan yang mendapat nilai 39,40.

Nilai Ujian Nasional SMP tertinggi diraih oleh seorang siswi dari SMP 99 Jakarta, Jilan Zahra Jauhara. Siswi berusia 13 tahun tersebut ternyata sudah menunjukan bakat kecerdasannya sejak dini.

Ibunda Jilan, Wieke Pratiwi, 48 tahun, menuturkan, anak keduanya memiliki kemampuan intelijensia lebih sejak masa kecil. Yang paling menonjol, Jilan pernah mengikuti akselerasi ketika duduk di bangku sekolah dasar. 

"Waktu kelas 2, dia akselerasi langsung kelas 4," kata Wikeke kepada Tempo, Sabtu, 14 Juni 2014. Itu sebabnya, kata dia, di usia 13 tahun Jilan bisa lulus SMP.

Ayahandanya, Rakhmad Fudja, 56 tahun, mengatakan Jilan memiliki hobi membaca. "Dia memang senang baca, seneng browsing-browsing," kata dia. Karenanya, Jilan punya banyak masukan informasi yang lebih.

Rakhmad pun menuturkan anak bungsunya itu jarang bermain keluar rumah. "Biasanya teman-temannya main ke rumah," kata dia. Anaknya sering menghabiskan waktunya bersama buku dan laptop. "Kami juga tak pernah paksa dia untuk belajar, dia sadar sendiri."

Jilan mengatakan, kedua orang tuanya jarang menyuruhnya belajar. Waktu belajarnya pun tak begitu ketat. "Yang penting setiap hari harus belajar. Sehari sekali lah," kata dia.

Jilan mendapatkan nilai hampir sempurna dalam UN SMP. Di tiga mata pelajaran yang diujikan, dia mendapat nilai 10, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Hanya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dia mendapat nilai 9,75.

sumber : http://www.tempo.co/read/news/2014/06/15/083585031/Jilan-Siswi-SMPN-99-Peraih-Nilai-UN-Tertinggi

0 comments:

Post a Comment

 
.:[Close]:.
Welcome