Banner 468 x 60px

 

Monday, March 26, 2012

Ust. Aswandi, Lc : Pak Eed, salam buat anak-anak

1 comments
“Pak Eed, salam buat anak-anak”, ujar ustadz Aswandi. “InsyaAllah saya sampaikan ustadz”, jawab Pak Eed singkat. Demikian kalimat terakhir dari ustadz Aswandi sebelum kami berpisah di RM Raja Ikan Bakar. Pak Eed Kartawirana sebagai kepala sekolah mengadakan acara sederhana sebagai pelepasan dan bentuk penghormatan kepada salah satu guru SMPIT Thariq Bin Ziyad yang telah mendedikasikan dirinya dan berjuang bersama selama ini.

Ustadz Aswandi, demikian beliau biasa disapa adalah lulusan Universitas Al-Azhar Mesir, universitas tertua di dunia. Lima tahun berada di Mesir membuat dirinya sangat fasih berbahasa Arab. Bahkan pada beberapa kesempatan sering ditemui ustadz Aswandi sedang menerima telepon dan berbincang dengan bahasa Arab. Bahasa Arab telah menjadi bahasa sehari-harinya sehingga dengan anak dan istrinya pun menggunakan bahasa Arab. Ustadz yang memiliki dua orang putra (Aziz & Aslam) yang lahir di Mesir ini juga telah hafal 30 juz Al-Qur’an. Oleh karenanya diawal amanahnya di SMPIT TBZ beliau diamanahi mengajar Al-Quran.

Namun kini, ustadz yang lahir di Palembang ini harus menurut dan berbakti kepada orang tuanya. Orang tua yang kini semakin renta ingin sesering mungkin dijenguk oleh anaknya yang sholeh. Lima tahun di Mesir tak sekalipun ustadz Aswandi sempat menjenguk orang tuanya. Lima tahun menjadikan sang bunda memendam rindu kepada anaknya. Kepulangan ustadz Aswandi ke Indonesia pun bukan hal yang disengaja. Krisis politik dan kerusuhan yang terjadi beberapa waktu lalu di Mesir memaksa mahasiswa-mahasiswa dan orang-orang Indonesia yang tinggal disana harus kembali ke negrinya masing-masing karena alasan keselamatan. Sepulang dari Mesir beliau langsung mengajar Al-Qur’an menggantikan ustadz Abdurrahim, Lc yang mendapat amanah baru di SMPIT TBZ Boarding School. Orang tuanya baru sempat beliau jenguk ketika anak-anak Pramuka meminta beliau menemani ke Palembang (karena beliau asli Palembang) pada kegiatan Jambore Nasional. Beberapa hari di Palembang membuat dirinya berkesempatan menemui orang tua yang dicintainya.

Kecintaan kepada orang tua dan keinginan orang tua yang selalu ingin dekat dengan anaknya adalah alasan utama ustadz Aswandi memutuskan untuk resign dari SMPIT Thariq Bin Ziyad. Berat memang rasanya meninggalkan siswa-siswi SMPIT TBZ dan guru-guru yang selama ini telah menjadi keluarga baginya. Dan berat pula sesungguhnya melepaskan ustadz yang demikian sabar mendidik anak-anak SMPIT TBZ yang sangat aktif. Namun hidup adalah pilihan. Hati, pikiran dan keilmuan seseoranglah yang membantu menentukan pilihan yang baik bagi dirinya ke depan. Dan ustadz Aswandi kini telah memilih.
Tidak ada pesan khusus yang beliau titipkan buat anak-anak SMPIT TBZ, kecuali salam. Salam dengan segala makna yang terkandung didalamnya. Boleh jadi karena sudah sering beliau menyampaikan nasihat baik secara langsung maupun tidak langsung. Beberapa hari ini sudah nampak rasa kehilangan pada sebagian siswa-siswi SMPIT Thariq Bin Ziyad. Beberapa hari ini pula berita tentang ustadz Aswandi menjadi trending topic baik di twitter maupun facebook. Tidak ada lagi lantunan ayat-ayat Al-Quran dari ustadz lulusan Mesir ini. Kepiawaiannya membaca dan menghafal Al-Qur’an serta berbahasa Arab kini akan ia tularkan pada generasi Islam yang lain. Beliau tidak akan menggenggam ilmunya tapi kan senantiasa beliau sampaikan dimanapun berada. Menurut ustadz Aswandi kini ia mendapatkan amanah baru di sebuah lembaga pendidikan Islam di Bandar Lampung. Lebih dekat ke Palembang untuk menjenguk orang tuanya ketimbang dari Bekasi.

Semoga silaturahim ini dapat senantiasa terjalin walau jarak memisahkan kita. Saling mendoakan untuk kebaikan bersama. Selamat berjuang ustadz Aswandi …

1 comments:

Luthfi Faris Ghani said...

Semoga pa aswandi mendapatkan berkah dari pilihannya. Mendapat murid yang mungkin lebih baik dari kami. terimakasih pa aswandi, saya perwakilan 8D sangat berterima kasih. Karena sejak pa aswandi mengajar, 8D mulai ada kemajuan di bidang al-quran. jazakallah ustad :D

Post a Comment

 
.:[Close]:.
Welcome